Bagikan Sembako Ramadhan untuk Petani Kaimana Terdampak Covid19

shape image

Bagikan Sembako Ramadhan untuk Petani Kaimana Terdampak Covid19

KURANG lebih dua bulan sudah pemberlakuan pembatasan jam operasional pasar serta sosial distancing para pedagang di Kaimana karena penyebaran Covid-19. Hal ini menyebabkan sepinya para pembeli dan berakibat hilangnya omset pedagang.

Begitupun yang dirasakan oleh para petani sayur yang sehari-harinya memasok hasil panen mereka ke pasar untuk dijual. Kondisi ini membuat mereka seringkali harus membuang sisa sayur yang tidak terjual karena sudah layu dan tidak layak dikonsumsi lagi akibat sepinya pembeli.

Melihat situasi dan kondisi yang memprihatinkan ini, Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Kaimana dengan Platform Pemuda.org bersama SAR Hidayatullah Papua Barat memberikan bantuan paket sembako untuk kelompok masyarakat petani yang terkena dampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19. Aksi ini digelar pada Jum'at (01/05/2020) bertempat di  Jalan Utarum dan Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Kaimana.

Bantuan yang juga merupakan bagian dari partisipasi para jamaah dan donatur ini disalurkan dalam bentuk paket sembako. Dalam pemberian bantuan paket sembako ini, setiap satu paket dibagikan terdiri dari beras, kurma, minyak goreng, mie instan dan bahan konsumsi lainnya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk berbagi berkah di tengah dampak wabah Covid-19 apalagi di bulan suci Ramadhan serta ikut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19," ungkap Fadhlurrahman Anshari selaku Ketua Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Kaimana.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, turut hadir pula Kabid Humas Pemuda Hidayatullah Papua Barat Miftahuddin, S.H.I sekaligus sebagai perwakilan Pemuda.org yang secara langsung memberi sambutan dan turut serta dalam penyerahan bantuan kepada warga kelompok tani.

"Kegiatan seperti ini insya Allah akan berkesinambungan kami laksanakan selama masa pandemi Covid-19 untuk meringankan beban masyarakat. Yakinlah dengan berbagi kebaikan di bulan Ramadhan ini, akan memberi nilai plus dalam Ibadah Puasa yang kita jalankan," ujar Miftahuddin, S.H.I.

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan, Misran begitu bersyukur dengan adanya kegiatan ini serta menyampaikan terimakasih kepada Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Kaimana, Pemuda.org serta SAR Hidayatullah Papua Barat atas adanya bantuan ini.

"Saya bersyukur kepada Allah SWT atas kemudahan yang kami rasakan di Bulan Ramadhan ini dengan adanya bantuan sembako yang bisa meringankan beban kami menjali hari-hari puasa," kata Misran.

Misran mengaku bangga dan mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemuda Hidayatullah Kaimana yang hadir langsung memberi bantuan untuk kebutuhan masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19.

"Dengan adanya bantuan-bantuan sembako seperti ini sangat membantu meringankan beban masyarakat warga tani di lingkungan kami," ungkap Misran memungkasi.

Sekedar informasi. Covid-19 atau COVID-19 merupakan akronim dari coronavirus disease 2019. COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

Menurut WHO, Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.*/Fadhel Anshari
© Copyright 2019 Pemuda.org

Form Kesediaan Menjadi Donatur

Pastikan di perangkat Anda telah terinstall Aplikasi WhatsApp

Kirim