Sebar Konsumsi Siap Saji kepada Pekerja Harian Terdampak Corona

shape image

Sebar Konsumsi Siap Saji kepada Pekerja Harian Terdampak Corona

Platform Pemuda.org bersama Pemuda Hidayatullah membagikan sembako kepada masyarakat terdampak wabah Coronavirus disease atau COVID-19) khususnya para pekerja harian seperti sopir angkot, ojek, dan buruh di sejumlah titik di Depok, Jawa Barat, Jumat (17/4/2020).

Dalam aksi bakti sosial ini melibatkan tenaga relawan sejumlah mahasiswa yang selain untuk memanfaatkan waktu di sela karantina, juga dalam rangka merangkul kalangan muda terjun langsung ke lapangan guna melihat realitas kehidupan masyarakat sehari hari.

Salah seorang tukang ojek yang menerima tali asih ini, sebut saja namanya Doni, mengaku sangat terdampak dengan adanya wabah ini. Dari pagi sudah keluar, namun hingga pukul 11.30 hari Jum'at (17/4/2020), namun hari itu baru dapat 2 tumpangan.

"Sepi mas. Kerasa banget sih bedanya. Ini juga udah hampir setengah hari masih begini aja," kata Doni yang biasa mangkal di bilangan Pancoran Mas ini.

Hal senada dikemukakan tukang ojek lainnya. Rian, yang biasa mangkal di Depok Timur ini pun mengaku sepi orderan. "Lumayan berat pak kondisinya," katanya seraya berharap agar adanya bantuan dari pemerintah yang sudah dijanjikan dapat juga didapatkannya.

Bagi bagi sembako ini dilakukan di sejumlah titik diantaranya di Depok Lama, Jalan Kartini, Jalan Tole Iskandar, Ciyatam dan beberapa titik lainnya.

Salah seorang mahasiswa yang turut dalam aksi ini, Dicky Harry Wahyudi, mengaku mendapatkan banyak pelajaran dalam aksi yang berlangsung hingga menjelang pelaksaan ibadah shalat Jum'at ini.

Kata Dicky, sebagai anak muda kekinian yang kerap dilabeli sebagai generasi rebahan, aksi bakti sosial semacam ini sangat penting dilakukan dalam rangka membangun sensitifitas diri untuk peduli terhadap kondisi yang ada.



"Rebahan boleh tapi jangan kebablasan juga. Sebagai anak muda, kita juga harus peka dengan kondisi yang ada. Kita perlu peduli, berbagi dan saling mendukung, apalagi di tengah wabah Corona seperti sekarang ini," kata Dicky putra asli Depok yang menempuh studi di STIE Hidayatullah ini.

Sementara itu, koordinator aksi Bersama Pemuda Melawan Wabah Corona, Haniffudin Ibrahim Chaniago, mengatakan bagi-bagi bahan konsumsi ini sebagai salah satu bentuk kepedulian pemuda dalam menyikapi wabah covid-19. Aksi ini terutama menyasar masyarakat prasejahtera yang mengalami dampak langsung wabah Covid-19,  khususnya pekerja harian.

"Alhamdulillah, aksi kita ini tidak saja di Jabodetabek tetapi juga di daerah lainnya di Indonesia. Sebelumnya kita juga menyebarkan sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19 seperti di Bengkulu, Lombok, Depok dan selanjutnya akan digelar di Papua dan daerah lainnya. Mohon doa dan dukungannya," kata Hanif.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin turut mendukung terlibat dalam proyek amal ini bisa bergabung atau berderma melalui laman www.pemuda.org
© Copyright 2019 Pemuda.org

Form Kesediaan Menjadi Donatur

Pastikan di perangkat Anda telah terinstall Aplikasi WhatsApp

Kirim